Tahura Bunder Gunungkidul: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Lokasi

23.10.2024

Taman Hutan Raya atau Tahura Bunder Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah salah satu hutan dan daerah konservasi yang dijadikan tempat wisata alam. Selain untuk camping, Tahura Bunder juga cocok menjadi tempat bermain untuk anak.

Daya Tarik Tahura Bunder Gunungkidul
Berikut ini sejumlah daya tarik dari Tahura Bunder Gunungkidul.

1. Kawasan Hutan Luas
Dikutip dari situs Pemprov DIY, kawasan Tahura Bunder memiliki luas sekitar 634 hektare. Terdapat beragam jenis flora dan fauna di dalam hutan ini. Yang menjadi ciri khas adalah pohon kayu putih.

Kayu putih atau eukaliptus ini juga disuling di Sendang Mole yang ada sejak 1980-an. Pepohonan tinggi di sini juga cocok buat latar belakang foto atau video.

2. Tempat Penangkaran Hewan
Tahura Bunder juga dimanfaatkan sebagai tempat penangkaran hewan, yaitu kawasan penangkaran rusa jawa (Cervus timorensis) yang berada di kawasan seluas sekitar 6,2 hektare. Jadi kamu bisa melihat rusa-rusa yang hidup di alam bebas.

Selain itu, Tahura Bunder juga menjadi tempat pelepasliaran satwa langka elang brontok (Nisaetus cirrhatus) beberapa tahun lalu.

3. Camping Ground
Buat kalian yang suka berpetualang di alam, cobalah berkemah di Tahura Bunder Gunungkidul ini. Selain pepohonan yang rindang, kalian juga akan menemukan sungai di dalam hutan. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat kegiatan berkemah pramuka anak-anak sekolah.

4. Taman Bermain Anak
Anak-anak juga bisa diajak berwisata ke Tahura Bunder. Ada taman bermain anak dengan beberapa wahana yang bisa digunakan.

5. Fasilitas
Tahura Bunder juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dasar, berupa mushola, toilet, dan tempat parkir.

Harga Tiket Masuk dan Tarif Tahura Bunder Gunungkidul
Harga tiket dan sejumlah jenis tarif di Tahura Bunder Gunungkidul diatur dalam Perda DIY No 1 Tahun 2020. Berikut ini besaran tarifnya:

Tiket masuk Rp 5.000/orang
Sepeda motor Rp 1.000/kendaraan
Mobil/minibus Rp 2.000/kendaraan
Bus Rp 10.000/kendaraan
Camping ground Rp 10.000 per tenda/hari
Foto komersial Rp 200.000/event
Film Rp 1.000.000/hari
Event komersial Rp 1.000.000/hari
Lokasi, Rute, Jam Buka
Buat kalian yang ingin ke sini, Tahura Bunder berada di Jalan Jogja-Wonosari, Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 30 km atau ditempuh sekitar 1 jam.

Untuk menemukan Tahura Bunder tak begitu sulit. Kalian tinggal melintasi jalan menuju arah pantai Gunungkidul. Setelah melewati Jembatan Bunder yang merupakan perbatasan Kecamatan Patuk dan Kecamatan Playen, maka kamu akan menemukan pintu masuk Tahura Bunder di kiri jalan.

Jika ingin berkunjung ke Tahura Bunder Gunungkidul, kalian bisa datang pada pukul 08.00-15.30 WIB.

Demikian tadi informasi mengenai Tahura Bunder Gunungkidul DIY, mulai dari daya tarik wisata, harga tiket dan tarif lainnya, serta lokasi, rute, dan jam operasional.

 

SUmber: Detik.com

Back